Home / PALEMBANG

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 01:17 WIB

PT DINAR PERKASA PAILIT, OJK DAN POLDA SUMSEL DIMINTA TURUN

Palembang,SMI
OJK DAN POLDA SUMSEL DIMINTA TURUN  TANGAN DALAM KASUS PAILIT PT DINAR PERKASA, Setelah diduga dinyatakan pailit pada tanggal 27 Juli 2017 PT DINAR PERKASA (Dinar Property) Milik Syaiful Bahri dan Demarita Aryani berdasarkan putusan pengadilan, ternyata meninggalkan persoalan yang cukup rumit hingga saat ini.
Berkaitan dengan dengan jual beli perumahaan yang diduga  bodong yang dilakukan oleh pihak PT DINAR PROPERTI kurun waktu 2016 dan 2017.
Dengan adanya keputusan pailit dan ditunjuknya korator Muhamad Arifudin SH dari kantor hukum ASP Law Firm selaku pemegang kuasa kurator atas PT DINAR PERKASA (Dinar property), harusnya menjadi sebuah jaminan kepastian bagi 548 konsumen yang terdata sementara yang berasal dari beberapa perumahan yang berada dibawah PT DINAR PERKASA (Dinar property) yang jumlahnya kurang lebih 14 Perumahan, beberapa Perumahaan yang diluar kepemilikan Syaiful bahri dan Demarta Aryani ,salah satunya adalah  perumahaan Griya makmur sejati di mata merah, menurut  andreas OP selaku Ketua FRONT AKSI RAKYAT PALEMBANG Jumat (14/8)
Muncul  dugaan  dalam kasus property diduga bodong ini, telah terjadi  kongkalikong beberapa pihak dalam proses bisnis property PT DINAR PERKASA (Dinar property) selama berdiri, hal ini bisa dilihat dari peran beberapa bank swasta, bank-BUMN, dan bank daerah Sumsel yang mengucurkan kredit kepada P T DINAR PERKASA (Dinar property) yang diduga  terjadi  mal administrasi dalam prosesnya, serta adanya  pihak lain  yang  diduga turut terlibat  melancarkan bisnis  property bodong  di PT DINAR PERKASA( Dinar property).
Menurut Andreas OP, Selama kurun waktu terjadinya proses pailit yang sudah berjalan kurang lebih 3 tahun ini, bahwa advokasi yang dilakukan oleh FRONT AKSI RAKYAT PALEMBANG terhadap konsumen diperumahaan Griya makmur sejati mata merah, menyatakan bahwa proses jual beli perumahaan yang dilakukan oleh pihak PT DINAR PERKASA (Dinar property) milik syaiful bahri kami duga telah terjadi dugaan tindak pidana penggelapan &  penipuan terhadap kurang lebih 200 konsumen, hal ini didasarkan pada akta jual beli perikatan yang dikeluarkan oleh notaris Amir husin , S.H,S.Pd, M Hum, M.Kn.
Menyikapi lambatnya proses pemenuhan hak konsumen perumahan griya makmur sejahtera mata merah
Dengan adanya LP No :STTLP/1637/VIII/2020/SUMSEL/RESTABES/SPKT, Tanggal 10 Agustus 2020 di Mapolrestabes, LP No : STTLP/594/VIII/2020/SPKT, tanggal 13 Agustus 2020 di Mapolda Sumsel berkaitan dengan tindak pidana UU No 1 Tahun 1946, pasal 378 KUHP Pidana dan 372 KUHP Pidana, sehingga kami dari  FRONT AKSI RAKYAT PALEMBANG, dengan ini menyatan sikap dan menuntut pihak pihak terkait untuk :
1. Meminta Kepada  Kapolda Sumsel  untuk dapat  menurunkan tim kelapangan  berdasarkan LP yang dibuat oleh konsumen  dalam kasus perumahan bodong  yang dilakukan oleh PT DINAR PERKASA
2. Meminta kepada  kepala OJK Sumsel untuk memeriksa perbankan yang telah mengucurkan dana ke PT DINAR PERKASA yang diduga telah terjadi KKN, Mal administrasi dan merugikan keuangan negara dan pemerintah daerah Sumsel.
3. Meminta  kepada Majelis  Pengawas Pusat Notaris (MPPN) dan Majelis Kehormatan Pusat Notaris (MKNP) untuk dapat melakukan pemeriksaan dan penyelidikan  terhadap kantor notaris yang diduga menjalankan administratif jual beli berkaitan dengan adanya kasus dugaan jual beli property diduga bodong di Palembang sepanjang tahun 2016 hingga  2017.
4. Meminta kepada kurator untuk segera menyita rumah tinggal di jalan pipa reja  sebagai bagian dari harta pailit menurut undang-undang kepailitan.
5. Meminta kepada kurator untuk dapat menyampaikan kepada sdr saiful bahri untuk segera menyelesaikan perjanjian jual beli perumahaan griya makmur sejati  yang  diduga bodong yang sudah berlansung dari tahun 2017 .
6. Meminta kepada DPD REI Kota Palembang untuk turun tangan dan turut melakukan pembenahan terhadap developer –developer nakal.
7. Meminta kapada BPN untuk turut bersama –sama melacak aset tanah yang bersengketa di Palembang dan membongkar sindikat mafia tanah khususnya bidang property .
8. Meminta Kepada Bank Indonesia untuk memperketat syarat pengajuan kredit bagi para developer perumahan dengan mengandeng BPN dan pihak ke tiga yang berkompetensi dalam bidang aprsial dan kantor akuntan publik untuk dapat mengaudit aset calon peminjam kredit
Kasus pailitnya PT DINAR PERKASA, menjadi salah satu peringatan bersama untuk semua stockholder dunia property dimana hal ini dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis property di Palembang,  disisi lain para calon pembeli property dan pembeli property menjadi takut karena tidak ada jaminan dari pemerintah terhadap jual beli perumahan, yang pada akhirinya konsumen lah yang dirugikan, dan  harus bertarung dipengadilan  sendiri jika ternyata perumahan yang di beli bermasalah.
Menurut andreas OP, kasus pailitnya  PT DINAR PERKASA menjadi pintu masuk OJK dan kepolisian untuk melakukan penertiban terhadap transaksi perbankan yang diduga menjadi salah satu modus pencucian uang dan pembobolan bank melalui kredit property yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Hal ini ditambah dengan masih lemahnya sistem informasi pertanahan di kota Palembang, sehingga  dapat menjadi salah satu pemicu munculnya sertifikat yang tumpang tindih dan pecaplokan lahan oleh pengusaha dengan modus sertifikat ganda, peran ini dapat dilakukan oleh kantor BPN untuk dapat melakukan modernisasi sistem informasi pertanahan dan bersifat terbuka terhadap warga masyarakat yang akan melakukan pengecekan tanah, bukan malah jadi sarang kusak kusuk bagi mafia tanah di kota palembang (aprika/rls)

Share :

Baca Juga

PALEMBANG

Hari Dharma Wanita FKPI Gelar Panen Perdana

PALEMBANG

Lintas Aktivitas Antar Generasi Mengucapkan yang telah ikut memberitakan kegiatan 28/5/2020

PALEMBANG

Gubernur Akan Turun Ke Lokasi Harimau Terkam Korban

PALEMBANG

PAC PP Jakabaring Adakan RPP, Trian Sutisna Menjabat Sebagai Ketua Periode 2022 – 2025

PALEMBANG

Kitabisa.com & Yayasan Ummi Foundation mendapat Penghargaan Gubernur di HKN ke 58

PALEMBANG

Satgas Preemtif Ops Bina Waspada Musi 2021 Polda Sumsel Giat Sambang & Silahturahmi ke Ponpes Mahad Izzatuna

MUSI BANYUASIN

Ingin Terima Bansos, Berikut cara daftar DTKS Kemensos

PALEMBANG

PPKM SERBU DI KELURAHAN 11 ILIR KECAMATAN ILIR TIMUR II PALEMBANG