Home / ADVETORIAL

Jumat, 24 Juni 2022 - 12:56 WIB

Kurniawan.AP.Msi Resmi Menjadi Pejabat Bupati Muara Enim Usai Di Lantik Oleh Herman Deru

Muara Enim, SMI-

Gubernur provinsi Sumatera Selatan H.Herman Deru,resmi melantik Kurniawan.AP.Msi menjadi Pejabat (Pj)Bupati Muara Enim. Hal ini berdasarkan setelah hampir 1 bulan setengah, Kurniawan.AP.MSi menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim.Pelantikan Pejabat Bupati Muara Enim ini, di langsungkan bertempat di Griya Agung Istana Gubernur provinsi Sumatera Selatan, pada hari Kamis 23/06/2022.

Kegiatan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat Bupati Muara Enim Kurniawan.AP.Msi, ini berdasarkan keputusan menteri dalam negeri Rl no: 131.16-1363 Tahun 2022 Tanggal 16 Juni 2022, tentang pengangkatan Kurniawan.AP.Msi sebagai Pejabat Bupati Muara Enim.

Dalam sambutan pidatonya Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, menyampaikan pesan kepada Pj Bupati yang di Lantik.

” Ini adalah untuk menjawab kebutuhan pelayanan di daerah. Meskipun didalam tupoksinya PLH dan PJ memiliki kewenangan yang sama, karena di bawah kontrol Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.Sedangkan PJ di penuhinya hak-hak sebagai Bupati, juga kewenangan-kewenangannya”, Ujar H.Herman Deru Gubernur Sumatera Selatan.

Lebih lanjut Gubernur Sumatera Selatan ini, mengutarakan bahwa tanggung jawab sebagai Pejabat Bupati, paling lambat setiap triwulan harus tetap di laporkan kepada gubernur.

Baca Juga :  HUT RI, Pemuda GBL Gelar Tournamen Garena Free Fire Tahun Pertama

“Hal ini adalah merupakan cara untuk mengontrol, bahwa PJ atau PLH Bupati itu adalah Pejabat karier.Maka jabatan definitifnya tidak boleh dilepaskan.Artinya di bebas tugaskan sementara, sementara menjabat sebagai PJ Bupati jabatan sebagai JPT di isi oleh PLT”, Ungkap Gubernur Sumatera Selatan yang akrab disapa HD.

H.Herman Deru Gubernur Sumatera Selatan juga mengingatkan bahwa PJ Bupati adalah ASN, namun di berikan tugas sebagai mana seorang Bupati.Tanggung jawab sebagai Bupati, bahkan berinteraksi dengan legislatif.
“Pemerintah daerah adalah kepala daerah dan DPRD, pemimpin pemerintahan adalah kepala daerah. ini adalah yang perlu di garis bawahi”, Tandas Herman Deru (HD).

Selain itu beliau juga mengatakan”, kepada kepala daerah perlu melakukan diskresi, karena itu semua termasuk dalam undang undang,permen atau pergub, yang di sesuaikan dengan karakter dan kondisi masing-masing daerah.Begitu juga kepada PJ ketua Tim penggerak PKK, agar dapat menunjang tugas tugas kepala daerah.PKK adalah salah satu organisasi yang punya kelebihan.saya berharap kepada kepala daerah sebagai Pejabat tertinggi di daerah, bukan berarti bisa bertindak semena-mena.Tertinggi bukan berarti berhak atas segalanya dan jangan melakukan hal hal yang di luar etika, contohnya meskipun PJ Bupati di berikan tugas untuk memutasi suatu jabatan.Bukan berarti bisa sewenang-wenang mengganti pejabat di daerah.Selain itu kepala daerah perlu melakukan diagnosa dalam menjalankan tugasnya, agar tidak salah dalam melakukan tindakan atau suatu kebijakan yang di ambil.Pj agar jangan melakukan kewenangan sebagai Pejabat definitif.Begitu juga dalam menjalankan program pembangunan, agar PJ Bupati Tetap berpatokan pada RPJMD untuk dijalankan.selain itu tidak istilah OPD basah dan OPD kering, selama ini kita menjalankannya secara profesional”, pungkas Gubernur Sumatera Selatan ini.

Baca Juga :  WAKA PAC PP SUKARAMI MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA

Sementara itu juga untuk diketahui bahwa kabupaten Muara Enim, selama kurun waktu dua tahun belum sekda definitif. Sebelum menjabat sebagai PJ Bupati Muara Enim, Kurniawan.AP.Msi menjadi kepala Kesbangpol Pemprov Sumatera Selatan (semasa kabupaten Muara Enim di pimpin oleh PJ Bupati H.Nasrun).

(Sunar/Adv)

Share :

Baca Juga

ADVETORIAL

Studi Temukan ‘Fat-Shaming’ Jadi Masalah Kesehatan Global

ADVETORIAL

Musrenbang RKPD Kabupaten OKU Tahun 2022, di Ruang Rapat Abdi Praja Pemkab OKU

ADVETORIAL

H Kuryana Azis, Dra Johar Resmi Jabat Bupati dan Wakil Bupati OKU

ADVETORIAL

IIPK Infaq, Baznas Ucapkan terima Kasih

ADVETORIAL

Ridwan Kamil Luncurkan Sentra Vaksinasi Silih Tulungan

ADVETORIAL

DPRD Gelar Paripurna LKPJ 2019

ADVETORIAL

Ronald Hutahaean Siap Pimpin KONl kota Prabumulih 2021-2025

ADVETORIAL

Bisa Picu Serangan Jantung, Kenali Cara Mencegah Dislipidemia