Home / ADVETORIAL / MUSI BANYUASIN

Jumat, 17 September 2021 - 22:23 WIB

Dinsos Muba, Warga Miskin layak Penerima Manfaat Harus Di Perjuangkan

Muba, SMI

Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin sangat bangga dan apresiasi keseriusan Pemerintah dalam hal ini Menteri Sosial yang terus bekerja untuk percepatan penanggulangan kemiskinan, berbagai program telah di gelontorkan, baik Berbagai Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH dan BST Bantuan Sosial Tunai adalah bantuan yang bersumber dari Kemensos Republik Indonesia yang akan diberikan kepada masyarakat berdasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Program tersebut terus kami dukung, bahkan Dinas Sosial dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi penerima manfaat dengan sistem gabungan dan akan melibatkan aparat hukum dan rekan media sehingga bantuan warga yang terdata di (DTKS) penerima manfaat tepat sasaran & Harus di Perjuangkan.

Kami berharap kepada pemerintah Desa dan Kelurahan aktif untuk menginformasikan kepada masyarakat yang belum termasuk (DTKS) dan layak untuk dapat di ajukan sehingga program pemerintah dapat semakin tepat sasaran.dan warga juga dapat bertanya kepada petugas PKH di kecamatan untuk informasi lebih akurat.

Baca Juga :  Muba Makin Menyenangkan: Buat Paspor Cukup di Sekayu Resmi, Sekayu Miliki UKK Keimigrasian

Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin dalam hal ini Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin H Ibnu Saad SSos Msi melalui bidang penanganan parkir miskin Mgs Syarif Toyib (15/9) tindakan merupakan upaya mendukung, dan untuk warga yang memang layak, sesuai dan harusnya berhak menerima manfaat bisa berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mengajukan permohonan untuk masuk DTKS baru.

Sementara yang dianggap sudah tidak layak, di harapkan kepada pemerintah setempat untuk informasikan ke kami sehingga dapat di keluarkan, dan kami juga berharap kepada pemerintah untuk warga yang sudah pindah dan meninggal untuk di informasikan sehingga kedepan penerima manfat dapat tepat sesuai harapan menteri dan bupati Musi Banyuasin. (wir)

Untuk cara pendaftaran sebagai berikut :
1. Masyarakat mendaftarkan diri ke desa atau kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.
Hasil daftar dtks.kemensos.go.id yang dilakukan fakir miskin akan dibahas pada musyawarah desa atau kelurahan. Warga yang dinilai layak masuk dalam pre list awal atau usulan baru.

Baca Juga :  BPPRD Launching Aplikasi E-Potensi Pajak Daerah MUBA

2. Pendaftaran masyarakat menjadi berita acara dtks.kemensos.go.id
Musyawarah desa atau kelurahan akan menghasilkan berita acara daftar dtks.kemensos.go.id yang ditandatangani kepala desa. Berita acara bisa disahkan perangkat desa lain yang kemudian menjadi pre list akhir.

3. Verifikasi dinas sosial untuk daftardtks.kemensos.go.id
Dinas sosial selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi data pre list akhir daftar dtks.kemensos.go.id. Seluruh instrumen DTKS digunakan melalui kunjungan rumah tangga.

4. Input data daftar dtks.kemensos.go.id melalui aplikasi
Data yang telah diverifikasi dan validasi dimasukkan dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) offline. Input data daftar dtks.kemensos.go.id dilakukan operator desa atau kecamatan, yang kemudian dieksport berupa file extension siks.

5. Data daftar dtks.kemensos.go.id dikirim ke dinas sosial
File ekstension SIKS berisi data daftar dtks.kemensos.go.id dikirim ke dinas sosial untuk diimport dalam aplikasi SIKS online. Hasil verifikasi dan validasi data dilaporkan pada bupati/walikota, yang diteruskan pada gubernur hingga menteri

Share :

Baca Juga

MUSI BANYUASIN

Reses, Supriasihatin “Jalan & Drainase Prioritas”

MUSI BANYUASIN

Penerimaa Siswa Baru SD Negeri 8 Sistem Online

ADVETORIAL

BUPATI MUARO JAMBI MELANTIK KEPALA DESA MINGKUNG

MUSI BANYUASIN

Cucian Mobil, Niko Berkah, Jemput Alamat

MUSI BANYUASIN

Bupati Bangun Jalan Aspal Karet Lais-Petaling-Teluk Kijing 

MUSI BANYUASIN

Pertama, 102 Daging Kurban Dibagikan

MUSI BANYUASIN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan 

MUSI BANYUASIN

Capil Dukung Pemkab Lakukan Itsbat Nikah Tahap Dua